Sunday, October 2, 2011

Jabon & Darek

Jabon Darek adalah 2 Dusun (jabon & Darek) yang masuk dalam wilayah Desa Menemeng Kecamatan Pringgarata,Kabupaten Lombok Tengah.

Sebelumnya Jabon Darek adalah satu Dusun yang dikepalai oleh 1 Kepala Dusun (KADUS)
kemudian terjadi pemekaran dan akhirnya terbagi menjadi 2 Dusun yang dikepalai oleh 2 kepala dusun
yaitu Jabon dan Darek.

Tikar & Pandan 
  1.  Tikar
    adalah Alas tradisional yang dipakai di seluruh penjuru pulau LOMBOK sebagai alas duduk para tetamu dilantai.Tikar ini adalah hasil Kerajinan Tangan yang menjadi Sumber penghasilan kedua setelah Pertanian di Jabon Darek dan bahkan hampir disetiap pelosok pedusunan yang ada di kecamatan Pringgarata memproduksi Tikar yang terbuat dari Pandan yang mempunyai Duri disetiap sisi dan di tengah diantara helai daun sisi-sisinya.
  2. Pandan Berduri
    adalah Bahan Baku dari Tikar yang ditanam di kebun-kebun yang ada disekitar pekarangan rumah,Tapi bukan Pandan wangi loh... tidak perlu perawatan khusus untuk membuat pandan ini tumbuh subur,karena pandan ini sendiri termasuk tumbuhan yang gampang hidup,hanya dengan memotong bagian apa saja dari pohon ,akar dan batangnya kemudian ditancapkan ketanah,maka 1 atau 2 bulan kemudian terlihatlah tunas-tunas hijau muda mulai kuncup,pertanda pandan sudah hidup.


 





Pada Tahun 2009 pulau Lombok gempar dengan penambangan Emas di sekotong .Fenomena ini menggiurkan semua penduduk suku sasak dan bahkan keluar Pulau Lombok yaitu Sumbawa sebagai bagian dari Provinsi NTB yang ber-Ibukota di Mataram.
Tidak sedikit yang berubah Taraf hidupnya,dari yang tak punya menadi seorang jutawan baru,semua karena hasil dari Tambang Emas yang dilakukan disekotong,sehingga imbasnya pun sampai ke daerah wilayah kecamatan Pringgarata termasuk di Dusun Jabon & Darek Desa Menemeng.
  1. Gelondong
Adalah Sebuah Alat untuk menggilas Batu emas yang sudah di pecahkan seperti pecahan krikil secara manual sebelum diGiling oleh alat yang namanya Gelondong atau lebih dikenal dengan Nama GELONDONGAN

No comments:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda

Keuntungan Jadi Local Guide Google Map.

Google sebagai mesin pencari terbesar dalam dunia internet, memberikan dan mengelola feature Local Guide di Google Map app. Yang bisa d...